Friday, 20 March 2015

SEJARAH KERAJAAN CIREBON

Para sobat master-masday, sudah lama www.master-masday.blospot.com tidak menulis artikel dikarenakan kesibukan sehingga kurang sempat menulis artikel. Kali ini akan membahas tentang Sejarah Kerajaan Cirebon. Dalam pemerintahannya di Cirebon, Fatahillah berhasil menanamkan dasar-dasar agama Islam terhadap rakyatnya. Pada abad ke-16 orang-orang Cirebon bersama dengan orang Demak di bawah pimpinan Sunan Kalijaga dan Raden Sepat membangun masjid agung, yang diberi nama Cipta Rasa.

Fatahillah dapat dianggap sebagai salah seorang wali sembilan yang terkenal. Beliau selain sebagai wali, juga sebagai panglima perang dan pendiri Kerajaan Cirebon. Pemerintahan Fatahillah tidak berlangsung lama, karena beliau lebih menekuni bidang keagamaan. Oleh karena itu setelah Fatahillah menyerahkan pemerintahan kepada cucunya, lalu mengundurkan diri menyepi di Gunung Jati (sebelah barat Cirebon). Pada tahun 1570, Fatahillah meninggal dunia, dan dimakamkan di Gunung Jati (dan disebut Sunan Gunung Jati).

kerajaan cirebon

Dalam perkembangannya, Cirebon semakin berperan di bidang pemerintahan dan perdagangan. Cirebon nerupakan salah satu pusat pemerintahan di Jawa Barat di samping Jayakarta dan Banten. Dalam usaha Sultan Agung untuk merebut Bataviadari tangan Belanda, Cirebon dijadikan salah satu  tumpuan harapan untuk membantu Mataram. Hubungan Mataram dengan Cirebon makin dipererat. Pada tahun 1636 Sultan Cirebon berkunjung ke istana Sultan Agung Mataram.

Kondisi Cirebon yang berada di antara Batavia dan Mataram sangat sulit, karena kedua belah pihak berusaha menarik Cirebon sebagai sekutunya. Cirebon memilih jalan tengah. Namun hal ini tidak dapat dipertahankan, sehingga berakibat pecahnya kerajaan tersebut menjadi Kasepuhan dan Kanoman. Baik Kasepuhan, maupun Kanoman tidak dapat berkembang sebagai satu pusat pemerintahan. Namun demikian keberadaan Kasepuhan dan Kanoman sampai sekarang masih lestari sebagai salah satu pusat budaya kerajaan di Jawa Barat. Demikianlah uraian tentang Sejarah Kerajaan Cirebon. Semoga bermanfaat
Silahkan baca juga  Sejarah Berdirinya VOC (Vereenigde Oost Indische Compagnie) 1602

No comments:

Post a Comment