Monday, 21 January 2013

INDAHNYA BERBAGI KEPADA SESAMA

Indahnya Berbagi Kepada Sesama  --- Ada seorang yang bernama Burhan berasal dari Jawa Tengah (kota Kudus). Orangnya bersahaja. Ia mempunyai kebiasaan kalau membeli sesuatu dari pedagang kecil, ia tdk mau menawar, bahkan seringkali jika ada uang kembalian, selalu diberikan kepada pedagangnya.
 
Suatu hari Burhan dan temannya si Aklis menaiki mobil,  ia mampir di SPBU karena bahan bakarnya hampir habis. Burhan berkata kepada petugas SPBU: "Tolong diisi Rp. 95rb saja ya." Sang Petugas merasa heran dan bertanya: "Kenapa tidak sekalian Rp. 100rb pak ?" "Gak apa-apa, isi saja Rp 95rb", jawab Burhan. Selesai diisi bensin, Burhan memberikan uang Rp. 100rb. Sang petugas pun memberikan uang kembalian Rp. 5rb. Burhan berkata: "Gak usah, ambil saja kembaliannya." Sang petugas SPBU seperti tidak percaya dan berucap: "Terima kasih Pak. Seandainya semua orang seperti Bapak, hidup kami akan lebih sejahtera karena gaji kami pas-pasan sebagai pegawai kecil."


berbagi kepada sesama, sedekah


Aklis tertegun dengan perilaku Burhan dan juga petugas tersebut. Dalam perjalanan, Aklis bertanya kepada Burhan: “Kamu sering melakukan hal seperti itu ?" Burhan menjawab: "Temanku, kita tidak mungkin bisa mengikuti semua perintah Allah swt. Lakukanlah hal-hal kecil yang bisa kita lakukan untuk orang-orang di sekeliling kita, yang penting konsisten. Kita tidak akan jatuh miskin jika setiap mengisi bensin kita bersedekah Rp. 5rb kepada mereka. Uang Rp. 5rb itu pun tidak akan membuat dia kaya tapi yang jelas bisa membantu dan membuat hatinya bahagia."

Hikmah dari cerita di atas adalah hiduplah tiap hari seperti matematika, mengalikan sukacita, mengurangi kesedihan, menambahkan semangat, membagi kebahagiaan, dan menguadratkan kasih antar sesama. Mari kita budayakan shodaqoh setiap hari meskipun hanya Rp. 1000 rupiah. Insya Allah rizki kita tidak akan berkurang tetapi akan bertambah dan terus bertambah. Demikianlah cerita tentang indahnya berbagi kepada sesama. Semoga bermanfaat.
Silahkan baca juga I Like Monday

No comments:

Post a Comment