Friday, 18 January 2013

SEJARAH KERAJAAN BANJAR

Sejarah Kerajaan Banjar dalam artikel ini berusaha mendeskripsikan sejarah terjadinya Kerajaan Banjar. Sebelum Kerajaan Banjar berdiri, di Kalimanatan Selatan sudah berdiri beberapa kerajaan Hindu, di antaranya adalah Kerajaan Negaradaha, letaknya di pedalaman Kalimantan, beribu kota Muarabahan (Marabahan).

Banjar yang semula merupakan wilayah Negaradaha diperintah oleh adipati yang bernama Raden Samudera. Pada abad ke-16, oleh pemimpin agama dari Demak, agama Islam juga disiarkan di Kalimantan Selatan termasuk Banjar. Agaknya Adipati Banjar (Banjarmasin) tertarik kepada agama Islam tersebut. Maka Raden Samudera meminta bantuan Demak untuk menaklukkan Negaradaha. Dengan bantuan tersebut Negaradaha dapat ditaklukkan. Dengan demikian Raden Samudera mengangkat dirinya menjadi raja di Kerajaan Banjar. Setelah menganut agama Islam, ia bergelar Sultan Suryanullah.

Kerajaan Banjar di bawah pemerintahan Sultan Suryanullah, menjadi pusat perdagangan yang dikunjungi oleh banyak pedagang antara lain pedagang-pedagang dari Demak. Mereka itu di samping sebagai pedagang juga bertindak sebagai penyiar agama Islam. Dengan demikian tersiarlah agama Islam di Banjar, sehingga banyak penduduk yang memeluknya.


sejarah banjar, kerajaan banjar

Kerajaan Banjar setelah menjadi kerajaan Islam, susunan pemerintahan diatur sebagai berikut:
  • Penguasa tertinggi dipegang oleh sultan sendiri, dibantu oleh seorang patih yang bertindak sebagai kepala pelaksana pemerintahan. Walaupun sultan sebagai penguasa tertinggi, tetapi kekuasaanya tetap dibatasi oleh suatu dewan yang terkenal dengan nama Dewan Mahkota. Dewan ini terdiri dari para bangsawan dan sejumlah pejabat tinggi kerajaan misalnya patih, kyai, dan lain-lain.
  • Di samping jabatan patih, masih ada jabatan-jabatan lain misalnya: Mantri pangiwa dan mantri panganan, yang mengurusi bidang kemiliteran dan pertahanan. Mantri bumi dan mantri sikap, yang mengurusi perbendaharaan istana dan perpajakan.
Demikianlah artikel tentang sejarah Kerajaan Banjar. Semoga bermanfaat.
Silahkan baca juga Sejarah Kerajaan Aceh

No comments:

Post a Comment