Sunday, 20 January 2013

PELAJARAN DARI SEEKOR KELEDAI

Suatu hari keledai milik seorang petani jatuh ke dalam sumur. Sementara si petani memikirkan apa yang harus dilakukannya. Akhirnya, dia memutuskan bahwa hewan itu sudah tua dan sumur juga perlu ditimbun karena berbahaya. Jadi tidak berguna menolong si keledai. Ia mengajak tetangganya untuk membantunya. Mereka membawa sekop dan mulai menyekop tanah ke dalam sumur.

Ketika si keledai menyadari apa yang sedang terjadi, ia meronta-ronta. Tetapi kemudian keledai terdiam memikirkan cara agar dapat keluar dari sumur tersebut. Setelah beberapa sekop tanah dituangkan ke dalam sumur, si petani tercengang melihatnya. Walaupun punggungnya terus ditimpa oleh bersekop-sekop tanah, si keledai melakukan sesuatu yang menakjubkan. Ia mengguncang-guncangkan badannya agar tanah yang menimpa punggungnya turun ke bawah, lalu menaiki tanah itu. Si petani terus menuangkan tanah kotor ke atas punggung hewan itu, namun si keledai juga terus mengguncangkan badannya dan kemudian melangkah naik. Si keledai akhirnya bisa meloncat dari sumur dan melarikan diri.


keledai, pelajaran dari keledai

Apakah hikmah yang dapat kita ambil dari cerita di atas?
Kehidupan tentu akan selalu menyuguhkan segala macam persoalan dan masalah. Karena masalah/problem dalam hidup adalah suatu keniscayaan. Cara untuk keluar dari masalah (kesedihan, keterpurukan, kemiskinan) itu adalah dengan mengguncangkan segala macam kotoran dari dalam diri, pikiran, dan hati kita agar dapat melangkah naik dan bangkit menuju keberhasilan. Jadikan persoalan hidup yang ada menjadi batu pijakan untuk melangkah. Kita dapat keluar dari “sumur” terdalam  dengan terus berjuang, tanpa kenal putus asa dan menyerah. Penuhilah diri kita dengan pikiran positif (positive thinking) dan optimis lalu melangkahlah maju menuju keberhasilan. Demikianlah pelajaran yang bisa kita ambil dari seekor keledai. Semoga bermanfaat.

Silahkan baca juga Indahnya Berbagi Kepada Sesama

No comments:

Post a Comment